Skripsi ini
berjudul Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kebab Turki Baba Rafi Di Yogyakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perilaku konsumen ikut
menentukan tercapainya tujuan perusahaan. Konsumen akan mempertimbangkan
berbagai faktor berkaitan dengan produk. Dengan menentukan atribut – atribut
apa saja yang dapat mempenaruhi perilaku pembelian maka dapat diketahui.
Atribut mana yang sudah sesuai maupun belum sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen dimana selanjutnya perusahaan dapat mengembangkan dan
menyempurnakan produknya agar lebih memuaskan konsumen dan tujuan perusahaan
agar dapat tercapai.
Penelitian dilakukan pada Kebab Turki
Baba Rafi. Perusahaan jasa yang memproduksi kebab sebagai makanan khas Turki. Populasi yang diteliti adalah
konsumen yang pernah datang membeli Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta. Sampel
yang digunakan 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi
harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan dan ukuran. Metode pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling dengan tehnik analisis deskriptif
dan statistik meliputi analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis dengan
uji secara serentak atau uji F. pengujian hipotesis dengan uji parsial atau uji
t dan analisis koefisien determinasi berganda.
Atribut produk mempunyai pengaruh terhadap
keputusan pembelian kebab di Kebab Turki Baba Rafi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-statistik lebih
besar dari t-tabel. Besar pengaruh variabel
harga (X1), rasa atau aroma (X2), kemasan (X3), pelayanan (X4),
dan ukuran (X5)
terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y)
sebesar 0,561. Besar pengaruh variabel masing-masing atribut produk terhadap keputusan
pembelian Kebab Turki Baba Rafi yaitu
untuk ; koefisien korelasi antara variabel harga (X1) dengan keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,276, hal ini
berarti korelasinya rendah, koefisien korelasi antara variabel rasa atau aroma (X2) dengan
keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,385, hal ini
berarti korelasinya sedang, koefisien korelasi antara variabel kemasan (X3) dengan keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,298, hal ini
berarti korelasinya rendah, koefisien korelasi antara variabel pelayanan (X4)
dengan perilaku membeli Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,213, hal ini
berarti korelasinya rendah, dan koefisien korelasi antara variabel ukuran (X5)
dengan keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,420, hal ini berarti korelasinya cukup
kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar