Rabu, 07 Maret 2012

indeks harga saham


Indeks Harga Saham merupakan suatu ukuran untuk menunjukkan trend kenaikan dan penurunan terhadap aktivitas pasar modal dengan mengaitkan nilai seluruh pasar saham yang tercatat di bursa dibandingkan dengan harga dasarnya. Metode penghitungan yang digunakan dalam menentukan angka indeks harga saham di BEJ adalah metode jumlah nilai pasar, angka indeks yang dihasilkan tersebut di dalam ilmu statistik dikenal dengan indeks nilai tertimbang atau weighted agregat indeks (Sumantoro, 1990: 34).
Semua saham yang tercatat dibursa efek diperhitungkan nilai pasar  secara keseluruhan. Sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan (Composite Stock Price Indeks) merupakan suatu nilai yang digunakan untuk mengukur kinerja saham yang tercatat di suatu bursa efek.

Ada beberapa faktor khusus (faktor Eksternal) yakni peristiwa-peristiwa di luar fundamental perusahaan emiten itu sendiri yang memberi pengaruh terhadap perkembangan harga saham Sumantoro (1990), antara lain:
a.    Kebijakan pemerintah dan dampak
Kebijakan pemerintah yang berkaitan langsung dengan bidang bisnis perusahaan emiten sangat berpengaruh terhadap harga saham. Misalnya pembatalan proyek-proyek pemerintah, swastanisasi perusahaan negara dan sebagainya.
b.    Pergerakan suku bunga
Tingginya suku bunga merupakan pukulan bagi industri perbankan dan properti. Akibat suku bunga yang meningkat tajam, proporsi operating leverage pada banyak emiten mengalami peningkatan yang signifikan.
c.    Fluktuasi nilai tukar mata uang
Fluktuasi nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar bisa memberi dampak terhadap harga saham secara individual maupun indeks komposit.
d.    Rumor dan sentimen pasar
Faktor ini merupakan variabel yang bersifat intangible (ada, tetapi seolah-olah tidak ada). Rumor sering kali muncul di BEJ, baik datangnya dari dalam maupun luar negeri. Sentimen-sentimen positif maupun negatif sering memberi dampak terhadap naik turunnya indeks, misalnya pengungkapan skandal akuntasi di Amerika yang dampak sentimen negatif terhadap harga saham di bursa global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar