Minggu, 11 Maret 2012

analisis pengaruh earning per share (eps) dan debt equity ratio terhadap deviden per share (dps) pada perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek jakarta periode tahun 1998-2004


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dari kedua variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu dividen per share (DPS) pada perusahaan Farmasi dan menganalisis seberapa besar pengaruhnya terhadap deviden per share (DPS).
Penelitian ini menggunakan data sekunder  dan metode yang digunakan metode teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak lima perusahaan Farmasi yang sudah terdaftar di Bursa Efek Jakarta berupa laporan keuangan pada perusahaan Farmasi, pada kurun waktu tujuh tahun dari tahun 1998 sampai tahun 2004 yang  dianggap memenuhi persyaratan. Alat analisis yang digunakan adalah uji signifikansi fixed effect, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi berganda (R2), uji-t, dan uji F,
Penelitian ini menghipotesiskan bahwa di duga earning per share (EPS) dan debt equity ratio (DER) berpengaruh terhadap dividen per share (DPS). Diduga EPS berpengaruh secara positif terhadap DPS sedangkan DER berpengaruh negatif terhadap DPS.


            Dari alat analisis uji signifikansi fixed effect dapat disimpulkan bahwa penelitian ini lebih baik menggunakan pooled regression (Common) dari pada fixed effect karena F hitung = 0,927 lebih kecil dari F tabel = 2,95. Sehingga dari kesimpulan tersebut dapat menghasilkan regresi , yaitu Y = 25,92724 + 0,334188X1 + 6,391345X2.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa EPS dan DER secara serentak berpengaruh secara  posistif dan signifikan terhadap DPS. Sedangkan besarnya pengaruh terhadap DPS adalah 0.494702 atau 49.47% yang artinya pengaruh variabel independen (EPS dan DER) terhadap variabel dependen (DPS) adalah 49.47% dan sisanya 50.53% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen yang digunakan.
            Hasil dari uji-t untuk variabel earning per share (EPS) t hitung sebesar 5,077 dan t tabel sebesar 2,048, maka t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung > t tabel). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima disimpulkan bahwa variabel  EPS berpengaruh terhadap DPS. Sedangkan debt equity ratio (DER) t hitung sebesar 0,313 sedangkan t tabel 2,048, maka t hitung lebih kecil dari t tabel. Hal ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak dapat disimpulkan bahwa variabel DER tidak mempengaruhi DPS.
Hasil dari perhitungan uji F diperoleh F hitung15,664 lebih besar dari F tabel 2,44, jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan variabel EPS dan DER mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap DPS.
download full : download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar