Sabtu, 03 Maret 2012

tips mengerjakan skripsi dengan mudah


pemilihan judul skripsi tidak bisa dibilang mudah, judul yang kamu pilih akan menentukan seberapa besar perjuangan kamu dalam mengerjakan skripsi. ketika kamu sudah mendapatkan judul yang tepat untukmu, maka kamu sudah mengerjakan 40% skripsimu !!! bealive it...coz, kamu sudah tau apa tujuanmu, mana jalan yang akan kamu lalui, dan perlatan apa saja yang perlu kamu. lebih serunya, ikuti tips di bawah ini :

1. Orientasi
Ya, kamu harus menuntukan tujuan untuk penulisan skripsimu. apakah itu hanya "sekedar jadi" saja atau bahkan kamu berniat membuat skripsi yang membawa pengaruh besar,
paling tidak untuk objek penelitian yang kamu tuju. for that, kategorikan jenis skripsi menjadi tiga model.
  • model skripsi ringan, dalam artian kamu menguasai pembahasan minimal secara garis besar, sehingga kamu tidak perlu banyak membuka buku untuk mencari pencerahan-pencerahan baru. pilih model ini jika kamu ingin mengerjakan skripsimu dengan rada santai. (bagaimanapun proses tetap dibutuhkan)
  • model skripsi moderate, disini ada beberapa bagian bab yang membuatmu mengerutkan dahi, melinting baju lenganmu. sebab ada beberapa hal yang kamu tidak tahu, tidak jarang kamu perlu komunikasi dengan orang pinterrr. pilih model ini jika kamu pecinta tantangan, dan haus akan sesuatu yang baru.
  • model skripsi berat, WOWWWW kalo yang ini kamu harus pikir dalam-dalam lagi kalo memilih model yang ini, pasalnya ada dua faktor yang menyebabkan calon tema skripsi ini terlalu berat. Pertama, karena memang pembahasan dalam skrispi ini bener-bener sangat jauh dari apa yang kamu pelajari, alhasil kamu butuh proses extra keras untuk menyelasaikan. tidak masalah jika kamu tipe orang yang optimis, agresif, dan konyollll. wkwkwkwwk.(just guyon). Kedua, penyebab dari begitu sulitnya model yang bakal kamu pilih adalah karena kamu jarang ngampuzzz.. so, jauh-jauh deh mikir kalo mau ngambil jenis ini. sangat berat kawanddd.
2. referensi
setelah menemukan model skripsi yang kamu harapkan, kumpulakan beberapa referensi.
  • cari skripsi yang sejenis sebagai referensi penelitian terdahulu, ini sangat penting karena skripsi ini bakal menjadi bahan berpijak kamu. usahakan cari beberapa skripsi referensi agar kamu bisa melihat dari sudut pandang penulis yang berbeda, dan kamu bisa menkombinasikan dengan ciaaaamiikkk. bisa kamu cari di sini dah kalo ada http://pabrikskripsi.blogspot.com 
  • buku tata cara penulisan skripi. setiap universitas memiliki kebijakan yang berbeda tentang penulisan skripsi. cari dan temukan !! ini penting agar kamu tidak perlu banyak tanya, dan banyak melakukan penulisan editorial.
  • buku metopen dan alat analisis. nah untuk buku Metode Penelitian (metopen), kamu bisa mendapatkannya di seluruh toko buku yang ada di kotamu, karena untuk wilayah indonesia kontennya sama semua koq. sedangkan kalo untuk alat analisis ini bisa berupa alat peraga, buku, software, atau gabungan dari ketiganya. misalnya saja kamu butuh software SPSS untuk alat analisis, siapkan dan cari panduan menggunakan SPSS. 
3. Waktu
ini penting sob, pentiiiiing banget. Buatlah jadwal secara khusus. kapan kamu menyelesaikan skripsi ini, misalnya kamu akan menyelesaikan skripsi tiga bulan lagi yaitu pada tanggal 24 november 2012. dan buat subjadwal untung masing-masing babnya. tempelkan deadline itu di kamarmu dan beritahu temen juga keluargamu niatan baikmu itu. tada.. tanpa disangka-sangka semuanya terasa begitu mudah, dan kamu bisa segera mendaftarkan dirimu sebagai calon wisudawan :)

3 komentar:

  1. makasih banget ..
    salah satu penyemangat dari sekarang..:)

    baru muali bgt ne...heee

    BalasHapus
  2. siiiipppp..... semangat ... bejuang!!!

    BalasHapus